by

Pelantikan PERISAI Kota Bogor, Sekjend PERISAI : Selaraskan Peran Pemuda, Bangun Hidup Toleransi Antar Umat Beragama

Bogor – Gedung Paseban Sri Baduga, Balaikota Bogor, menjadi saksi atas dilantiknya Puluhan Pengurus baru SEMMI Cabang Bogor Raya dan Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (PERISAI) Cabang Kota Bogor, kedua organisasi ini merupakan organisasi serumpun dari Syarikat Islam.

Harjono Sekertaris Jenderal (Sekjen) PERISAI mengatakan, Ketua Umum SEMMI Cabang Bogor Raya terpilih Febrianto, dan PERISAI Cabang Kota Bogor dipimpin oleh Dinal Gusti. Agenda pelantikan yang dikolaborasikan dengan Kuliah Umum dengan tema “Menyelaraskan Peran Pemuda Dalam Membangun Hidup Toleransi Antar Umat Beragama”.

“Kegiatan ini disambut antusias oleh seratus lebih peserta yang terdiri dari berbagai Organisasi Pemuda, Mahasiswa, Pengurus Pusat Sarekat Islam dan tokoh Lintas Agama, bahkan ada perwakilan dari Kota Depok”ucap Harjono kepada wartawan pada, Sabtu (21/12/2019).

 

Sementara Ketua Pelaksana Pelantikan dan Kuliah Umum, Yogi Dharmawan ditemui usai acara menyampaikan, bahwa, Agenda Pelantikan SEMMI Cabang Bogor Raya dan PERISAI Cabang Kota Bogor, alhamdulillah berjalan kondusif dan sukses.

“Pelantikan Pengurus baru dua Cabang Serumpun Sarekat Islam ini adalah bukti konkret bahwa Sarekat Islam masih ada dan akan tetap eksis dalam dunia pergerakan Mahasiswa dan Pemuda di Kota Bogor,” tegas Yogi.

Sedangkan Roy Firdaus sekaligus tokoh senior Sarekat Islam disela-sela diskusi, mengatakan bahwa, Sarekat Islam di Kota Bogor memiliki sedimentasi sejarah yang begitu kuat. “Hal itu dibuktikan dengan adanya tokoh sejarah Sarekat Islam, Bajenet, yang berdomisili di Empang Kota Bogor di tahun 1908 s/d 1918 dan Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo yang menjadi Ketua Sarekat Islam Bogor pada 1912,” jelas Roy.

Diskusi yang berjalan menarik ini di sajikan oleh tokoh-tokoh nasional antara lain, Dr. Bambang Wahyu, Dr. Syahrir Muhammad, Kris Tan, M.A, Pdt. Darwin, Arifin Himawan, dan dari unsur TNI dan Polri.

Di penghujung diskusi, Koordinator Steering Committee sekaligus mantan Ketum SEMMI Cabang Bogor Raya, Rizqi Fathul Hakim menyampaikan pesan khusus kepada Pengurus baru SEMMI Cabang Bogor Raya, agar tetap komitmen terhadap nilai-nilai Islam, nilai-nilai Kebangsaan, Pancasila dan AD-ART Organisasi.

Rizki dalam kutipanya menegaskan, sebagai Motto Perjuangan Syarikat Islam yakni “Setinggi-tingginya Ilmu, semurni-murninya Tauhid, dan sepintar-pintarnya Siyasah.” pungkasnya. (den)

Sumber : Hallobogor.com

News Feed